BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

7 Tips Menjadi Pemenang Lomba Menulis Blog

Menjadi pemenang lomba menulis blog??? Saya kira inilah keinginan utama dari teman-teman yang sering mengikuti perlombaan menulis blog. Jika kita perhatikan, untuk saat ini semakin banyak saja lomba-lomba menulis yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Tentu saja hadiahnya sangat bervariasi, mulai dari uang tunai jutaan rupiah, gadget terbaru, kupon belanja, hingga aksesoris pilihan bagi para pemenang. Saya sendiri selama ini sudah pernah menjadi Juara Pertama Lomba Menulis Blog dari DPD RI pada tahun 2012 dengan hadiah berupa: iPhone 4S dan Paket Wisata ke Pulau Derawan Kalimantan Timur. Sedangkan untuk tingkat lokalnya, di tahun yang sama saya pernah menjadi Juara Kedua Lomba Desain Blog dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan hadiah berupa uang tunai senilai 1,5 juta rupiah.

Secret Story

Nah, di kesempatan ini saya ingin berbagi tips bagaimana bisa menjadi pemenang di sebuah lomba blog yang diikuti. Silahkan membaca… 🙂

RAJIN BERLATIH MENULIS DI BLOG

Bagi seorang blogger, satu-satunya cara untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis adalah dengan sering-sering membuat tulisan di blognya sendiri. Kesalahan utama yang sering dilakukan para blogger adalah hanya mau menulis ketika akan mengikuti lomba. Seperti kata pepatah: Guru Terbaik adalah Pengalaman, maka jika kita tidak pernah berlatih menulis maka jangan harap akan bisa menjadi pemenang dalam sebuah lomba menulis blog.

MENGGUNAKAN BAHASA YANG SEDERHANA DAN MUDAH DIMENGERTI

Bahasa yang digunakan dalam tulisan lomba sudah seharusnya dibuat sesederhana mungkin karena biasanya pihak panitia membatasi jumlah tulisan. Biasanya dalam sebuah lomba menulis blog, minimal kata adalah 300 kata dan maksimal 1.500 kata. Kalau sudah lebih dari karakter kata maksimal maka sudah masuk dalam kategori menulis cerpen, non fiksi, fiksi, novel, dan lain-lain.

SESUAI DENGAN TEMA LOMBA

Kalau ini memang harus dipatuhi oleh para peserta lomba, jangan membuat tulisan yang temanya menyimpang dari tema lomba. Dijamin tidak akan dinilai oleh Dewan Juri karena konteks tulisannya tidak sesuai dengan kriteria penilaian. Jadi jangan lakukan ini ya Friends… 🙂

BELAJAR DARI PESERTA LOMBA LAIN

Salah satu kebiasaan saya dalam setiap mengikuti sebuah lomba menulis blog adalah selalu membaca tulisan-tulisan peserta lomba lain yang sudah mendaftar terlebih dahulu. Pada umumnya pihak panitia selalu menampilkan daftar para peserta lomba yang sudah mendaftar. Bukan maksud hati ingin melakukan plagiarisme, cuma dengan cara ini saya bisa”membaca” kekuatan tulisan peserta lain yang ikut serta.

MENDAFTAR MENJELANG PENDAFTARAN BERAKHIR

Berdasarkan prinsip saya diatas yang selalu membaca tulisan dari peserta lain, maka saya biasanya melakukan pendaftaran ketika menyisakan 1-2 hari lagi. Hanya saja cara ini tidak berlaku apabila ada aturan tambahan yang menyatakan bahwa faktor komentar di tulisan lomba ikut menjadi penilaian karena secara logika apabila tulisan tersebut baru dipublish 1-2 hari sebelum kontes berakhir maka jangan harap bisa memperoleh komentar yang banyak. Jadi ya mau tidak mau untuk kontes menulis blog seperti ini harus publish tulisan di awal periode lomba.

JANGAN PERNAH BERHENTI BERUSAHA

Terkait dengan faktor pengalaman dalam menulis, salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan sering mengikuti lomba-lomba menulis blog yang diselenggarakan. Maklum, terkadang beberapa oknum blogger di Indonesia ada yang hanya termotivasi untuk menulis ketika sedang ada lomba. Apakah teman-teman Blogger masuk dalam kategori ini??? Tolong dijawab sendiri aja yach…

SELALU BERDO’A

Tulisan sudah dibuat sesuai kriteria dan telah didaftarkan, sekarang tinggal menanti keputusannya. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain berdo’a agar tulisan kita tersebut bisa terpilih menjadi salah satu pemenangnya. Sebagus apapun tulisan kita, jika Allah tidak berkehendak maka sampai kapanpun kita tidak akan terpilih menjadi juara. Bener ngga Friends?

Alhamdulillah saya sudah berbagi mengenai tips menjadi pemenang lomba menulis blog, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang sekarang sedang atau akan mengikuti lomba menulis blog. Tetap semangat… (DW)

Sumber Gambar:

You might also like
6 Comments
  1. Muhammad Ali Mudzofar says

    Tipsnya biasa aja hahaha..

    Harus ndeketin jurinya mas.. kalau aku dulu ngasih jurinya hadiah vector gratis.. Sama diakrabin. tapi harus tuluuuus.. Sampea sekarang juga masih akrab..

    1. bloggerborneo says

      Jiahhhh… Itu mah KKN Mas Bro 😛

  2. Endar Fernandes says

    keren bang infonya.. harus banyak belajar nih…

    1. bloggerborneo says

      Sama-sama belajar Bang 🙂

  3. Goen Smith says

    Asyiiiik, makasih ya ilmunya sangat bermanfaat buat yg mau ikut lomba ngeblog eh lomba menulis di blog, thanks

    1. bloggerborneo says

      Makanya ikutan lomba Bang, sekalian belajar siapa tahu beruntung kan? 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge