7 Lokasi Kuliner Terkenal di Kota Pontianak

Kota Pontianak selain terkenal sebagai Kota Khatulistiwa juga dikenal sebagai kota yang memiliki obyek wisata kuliner Pontianak terbanyak di Indonesia. Berbagai macam sajian makanan dari berbagai jenis kategori tersedia disini. Berikut ini adalah 7 lokasi kuliner di Pontianak yang pernah saya kunjungi, antara lain:

1. Mie Tiaw Apollo

Sajian kuliner dari bahan dasar mie putih ini menjadi salah satu primadona di Kota Pontianak, salah satu lokasi yang menyediakan kuliner ini terletak di kawasan persimpangan Jl. Gajah Mada – Jl. Diponegoro. Dari plang nama yang terpampang didepan kiosnya, dapat diketahui bahwa Mie Tiau Apollo telah berdiri sejak tahun 1968. Ternyata cukup lama juga ya Mie Tiaw Apollo berdiri, tidak salah jika kualitas cita rasanya benar-benar telah berpengalaman alias benar-benar enak banget.

mie-tiaw-apollo-3

2. Bubur Pedas Pak Ngah

Bubur Pedas merupakan kuliner khas dari Kabupaten Sambas, meski begitu kuliner ini begitu banyak tersedia di Pontianak. Salah satu lokasi yang bisa menjadi rekomendasi adalah Bubur Pedas Pak Ngah. Selain berada di kawasan Jl. Alianyang, Bubur Pedas Pak Ngah juga memiliki cabang di kawasan Jl. Sei Raya Dalam dan Jl. Komyos Sudarso.

Wisata Kuliner Pontianak - Bubur Pedas Pak Ngah

3. Warung Nasi Mak Etek

Jika dilihat sekilas, mungkin sebagian besar pengunjung akan memandang lokasi kuliner ini sama seperti warung nasi biasa pada umumnya. Akan tetapi, kondisi warung makan yang terletak di kawasan Pasar Kapuas Besar yang selalu tampak ramai ini pasti akan membuat kita bertanya-tanya apa ada yang istimewa disana. Makanya, sebelum menilai dari luar coba rasakan dulu beberapa menu spesial dari Warung Nasi Mak Etek yaitu Ikan Bakar dan Ayam Bakar. Saya yakin penilaian Anda akan langsung berubah, berani coba???.

Rumah Makan Mak Etek Menara Pontianak Menu Ayam Bakar

4. Warung Kopi Suka Hati

Serikaya Suka Hati PontianakKombinasi pisang goreng Pontianak dilapisi selai Serikaya Suka Hati yang manis dan lembut menjadikan lokasi kuliner ini dapat menjadi pilihan para pengunjung. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 2.500,- an saja kita sudah bisa merasakan kerenyahan pisang goreng Pontianak plus selai serikayanya. Bagi yang merasa penasaran bisa langsung meluncur ke kawasan Jl. Tanjungpura Seberang Kantor BII Pontianak.

5. Kue Bingke Al-Fajar

Kue lembut berbentuk bunga ini merupakan salah satu jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Jika kita berkunjung ke kios Kue Bingke Al-Fajar di kawasan Jl. Adisucipto Depan Gang 45, disediakan berbagai macam aneka pilihan rasa sesuai selera. Harganya juga ikut bervariasi menyesuaikan dengan rasa yang ditawarkan, namun yang pasti tidak akan membuat kantong jebol deh.

Kue Bingke Pontianak

6. Sotong Pangkong Pontianak

Siapa yang mengira jenis binatang laut ini dapat menjadi salah satu sajian kuliner yang unik dan khas di bulan Ramadhan. Jika selama ini sotong dimasak seperti biasa, maka disini sotong-sotong ini dikeringkan dan dipukul-pukul (bahasa Pontianaknya dipangkong) menggunakan palu sehingga menjadi gepeng. Setelah itu baru dipanggang sebentar diatas tungku bara api untuk kemudian disantap bersama kuah khusus bercita rasa asam, manis, dan pedas. Sotong Pangkong Pontianak sangat mudah ditemukan di kawasan sepanjang Jl. Merdeka Timur, terutama di bulan puasa.

Sotong Pangkong Pontianak

7. Bakso Rudal Pemangkat Veteran

Bagi para pecinta kuliner jenis bakso, lokasi ini dapat menjadi pilihan. Sesuai namanya, Bakso Rudal Pemangkat Veteran berada di kawasan Jl. Veteran Pontianak. Ya bisa dibilang lokasi ini merupakan cabang dari Bakso Rudal Pemangkat yang berada di Kota Pemangkat, Kabupaten Sambas. Lokasi kuliner ini juga menjadi tempat langganan saya jika sedang ingin makan bakso dan bakso urat campur adalah salah satu menu yang paling sering dipesan. Penasaran???

Bakso Rudal Pemangkat Veteran Menu Utama

Demikian tulisan saya mengenai 7 Lokasi Obyek Wisata Kuliner Pontianak Bagian Pertama, nantikan tulisan-tulisan saya berikutnya di Bagian Kedua. Selamat mencicipi semua kulinernya yach… (DW)

Keterangan:

You might also like More from author

Comments

Proses...