5 Hal di Android yang Tak Dimiliki iOS

Saat ini mungkin harus kita akui bahwa Android telah menjadi salah satu sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan pada perangkat mobile. Bisa dikatakan Android sudah merajai sebagian besar ponsel pintar yang ada saat ini. Meski beberapa vendor kini sudah mencoba mengembangkan OS versi mereka sendiri, Android tetap menjadi OS yang paling diminati karena berbagai kecanggihan yang dimilikinya.

Selain Android, sistem operasi milik Apple yang kita kenal dengan sebutan iOS juga tidak kalah canggih. Namun ternyata ada beberapa hal yang ada di Android, tapi tidak dimiliki oleh iOS. Berikut ini 5 hal di Android yang tidak dimiliki iOS, apa sajakah itu? Ini dia.

KEYBOARD

Ini merupakan salah satu fitur penting yang harus ada pada smartphone, bahkan di semua perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk menulis. Di Android, keyboard menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan perangkat lain. Sebab di Android pengguna diberikan berbagai kemudahan seperti text prediction, auto space, auto capitalization, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu dapat dinikmati oleh pengguna hanya dengan memasang aplikasi keyboard seperti Swiftkey, Mini keyboard 8pen, atau Swype dan aplikasi sejenis lainnya.

Android vs iOs
Android vs iOs (Sumber: TechnologyDiaries.Com)

iOS juga memiliki keyboard yang serupa, namun ketika akan menggunakan model keybaord yang lain, biasanya pengguna akan diminta untuk memindahkan gaya penulisan mreka beserta data lainnya, dari aplikasi keyboard yang lama ke aplikasi yang baru. Tidak seperti pada Android yang bisa disesuikan sendiri di setiap aplikasinya.

TASK MANAGER

Menutup semua aplikasi yang terbuka hanya dengan sekali sentuh, menjadi kelebihan Android lainnya. Bahkan sekarang dengan adanya Task Manager, pengguna dapat mentukan aplikasi mana saja yang ingin dihentikan sementara atau ditutup sepenuhnya. Keberadaan Task Manager di Android diklaim mampu membuat OS tersebut mampu bekerja lebih cepat.

CUSTOM THEME

Custom theme atau berganti tema, ini juga merupakan salah satu keunggulan yang sangat digemari oleh para pengguna Android. Meski memiliki laucher bawaan yang sudah bisa dimodifikasi dengan bantuan aplikasi, kehadiran launcher pihak ketiga memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna di Android. Di iOS, mengguna baru bisa mengubah tampilan layarnya jika perangkat yang mereka gunakan sudah di Jailbreak (root). Tapi meskipun begitu, di perangkat iPhone, pengguna tidak bisa menambahkan widget atau shortcut khusus ke home screen seperti di Android.

PEMASANGAN WIDGET

Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Di Android, pengguna bisa dengan bebas menggunakan widget yang mereka inginkan dan memasangnya di layar depan. Tapi di iOS tidak begitu, pengguna hanya bisa memasang widget yang sudah didukung oleh tema atau sudah satu paket dengan tema tersebut. Jika widget yang diinginkan tidak termasuk dalam tema yang digunakan, maka widget tersebut tidak bisa dipasang.

MEMORI TAMBAHAN

Seperti yang kita ketahui, kapasitas internal dan adanya dukungan ruang penyimpanan ekternal menjadi pertimbangan pengguna dalam memilih smartphone. Pada perangkat iPhone, pengguna diberikan kapasitas internal yang cukup besar, namun pengguna tidak bisa menambahnya dengan bantuan memori ekternal seperti MicroSD. Di Android, meski beberapa vendor sudah mulai meniadakan dukungan microSD, pengguna masih diberikan kemudahan dengan adanya dukungan USB On The Go (OTG), sehingga masih bisa menggunakan media penyimpanan lain untuk menyimpanan data-data penting mereka. (BAIM)

You might also like More from author

Comments

Proses...