5 Cara Membuat Proses Browsing di Smartphone Lebih Nyaman

Saat ini kita seakan tidak bisa lepas dari teknologi internet. Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Itulah mengapa kita rela mengeluarkan uang untuk membeli paket data atau berlangganan jaringan Wi-Fi agar tetap bisa selalu terhubung dan berselancar di dunia maya melalui smartphone.

Beberapa pengguna smartphone mengakui bahwa berselancar dengan menggunakan browser pada smartphone sama sekali tidak nyaman dibandingkan dengan menggunakan laptop atau komputer. Layar yang kecil dan juga keyboard yang kecil menjadi alasan ketidaknyamanan tersebut. Namun ada beberapa cara untuk mengakali masalah tersebut agar pengalaman Anda menggunakan browser smartphone Anda sedikit lebih nyaman.

Berikut ini tips dan trik agar browsing di smartphone lebih nyaman:

1. GUNAKAN MOBILE BROWSER TERBAIK

Web browser yang tersedia di mobile store sekilas semuanya sangat mirip sekali. Namun dengan fitur sinkronisasi dengan browser yang ada di laptop Anda dapat membuat sebuah browser smartphone layak diperhitungkan untuk digunakan. Browser yang ada fitur ini adalah Chrome. Namun Anda bisa mencoba Opera atau Dophin. Kedua browser tersebut diklaim mempunyai kecepatan browser yang lebih tinggi.

Browsing with Smartphone
Browsing with Smartphone (Sumber: Engadget.Com)

2. PASANG PLUGIN BLOK IKLAN

Aplikasi seperti Ad Blocker atau penghalau iklan dapat membuat kecepatan berselancar Anda meningkat dan membantu menghemat baterai. Jika Anda pengguna iOS, Anda bisa menggunakan aplikasi 1Blocker atau Vivo. Sedangkan untuk pengguna sistem operasi Android dapat menggunakan Adblock Plus atau gunakan saja browser yang sudah dilengkapi dengan fitur ad blocker.

3. AKTIFKAN MODE DATA SAVER

Jika sinyal Anda sedang lemah, Anda bisa menggunakan browser Chrome yang mempunyai fitur data saver. Fungsi ini untuk mengkompres ukuran laman web yang anda akses dengan menghilangkan gambar yang akan ditampilkan sehingga tidak perlu banyak waktu untuk memuat gambar. Selain menghemat waktu, cara ini juga bisa digunakan untuk menghemat data.

4. ATUR TINGKAT KECERAHAN

Mengatur kecerahan pada smartphone Anda merupakan hal yang penting, tidak hanya pada saat menggunakan browser pada smartphone Anda saja, namun untuk semua kegiatan yang dilakukan dengan smartphone. Rajin-rajinlah mengeatur kecerahan layar Anda sesuai kondisi cahaya yang ada. Jangan menggunakan kecerahan yang maksimal jika Anda berada di dalam ruangan. Terlebih lagi itu bisa membuat mata Anda sakit jika menatap layar dalam waktu yang lama di tempat gelap.

Riset membuktikan bahwa cahaya dari smartphone dapat mengganggu waktu tidur Anda dan mengurangi produktivitas Anda. Solusinya Anda bisa mengurangi kecerahan atau langkah sederhananya Anda dapat mengaktifkan mode kecerahan otomatis walaupun akan menguras banyak daya baterai karena sensor cahaya yang siaga.

5. GUNAKAN MODE BACA

Saat ini semua halaman web sudah mendukung laman yang mobile-friendly. Namun meskipun sudah begitu, masih banyak yang mengganggu kenyamanan membaca lewat browser. Gunakanlah mode baca atau ‘reader mode’. Mode ini dapat menghilangkan iklan yang bertebaran pada suatu halaman web dan juga latar belakang gambar yang biasa dipakai pada setiap website. Fitur ini juga dapat membuat huruf dan latar serta layout menjadi kontras sehingga membaca bisa menjadi lebih nyaman. Mode baca ini sudah ada di browser Chrome dan Mozilla Firefox. (AS)

Sumber Referensi:

  • http://www.merdeka.com/teknologi/tips-dan-trik-ini-bikin-browsing-di-smartphone-makin-nyaman.html

You might also like More from author

Comments

Proses...