BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

5 Aplikasi Smartphone untuk Membuat Anda Makin Fit

Seiring bertambah usia, kebanyakan orang memiliki aktivitas fisik yang berkurang karena kesibukan. Para pekerja kantoran, misalnya, melewatkan sepanjang hari duduk di meja tanpa aktivitas fisik lain yang bermakna. Kurangnya aktivitas fisik mengakibatkan ketidakseimbangan metabolisme terutama di usia lebih tua, dan telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung koroner dan diabetes mellitus (DM). Jika dibarengi dengan pola makan yang tidak sehat, hal ini dapat mengakibatkan obesitas yang makin meningkatkan risiko penyakit-penyakit di atas.

Olahraga teratur diperlukan untuk menjaga tubuh tetap fit, dan perencanaan yang tepat serta komitmen diperlukan untuk mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu tidak jarang orang membayar personal trainer untuk merencanakan program yang dibutuhkan sesuai spesifikasi individual tanpa harus berpikir pusing. Meski demikian, tidak semua orang mampu mempekerjakan personal trainer dan alternatif yang lebih rendah biaya harus dicari.

Sekarang tidak usah pusing lagi, karena sudah ada banyak aplikasi smartphone yang dapat berfungsi sebagai personal trainer dan motivator untuk berolahraga. Jika dibandingkan dengan biaya personal trainer, harga BlackBerry, iPhone atau smartphone lainnya jauh lebih murah mengingat fungsi mereka lebih beragam. Misalnya saja fitur mp3 player yang makin menarik pada keluaran iPhone dan BlackBerry terbaru, yang dapat didengarkan selama Anda jogging atau berolahraga di gym. Di bawah ini akan dibahas sejumlah aplikasi smartphone yang efektif untuk menemani Anda berolahraga.

RunKeeper

Aplikasi ini tersedia di iPhone dan android, dan dapat diunduh gratis. Pengguna RunKeeper dapat menikmati olahraga sambil mendengarkan musik dan memanfaatkan peta dengan GPS. Aktivitas yang tercatat di aplikasi ini dapat diupload di website RunKeeper dan dapat di-share pada Twitter dan Facebook.

Endomondo

Tersedia gratis di BlackBerry, iPhone, dan berbagai smartphone android lainnya, Endomondo menyediakan aplikasi fitness sekaligus jejaring sorial. Dengan meng-install Endomondo, Anda dapat melacak ke mana dan berapa lama Anda lari serta membandingkan rekor waktu terbaik.  Anda juga bisa sharing waktu terbaik dengan teman, maupun mengundang mereka untuk olahraga bersama atau bahkan mengirim tantangan atau berpartisipasi di lomba fitness di jejaring online Endomondo.

Cardio Trainer

Saat ini CardioTrainer baru tersedia di android, dengan versi basic yang dapat diunduh gratis. Aplikasi ini dapat melacak aktivitas lari dengan GPS, menghitung langkah dan mencatat aktivitas fisik lain seperti yoga. CardioTrainer dilengkapi dengan musik dan notifikasi suara untuk jarak yang telah ditempuh, target lari yang tersisa, kalori yang terbakar, dan lain-lain. Versi premium dari aplikasi ini tidak begitu berbeda dari yang gratis, namun mencakup program penurunan berat badan.

iFitness

Aplikasi iPhone ini cocok untuk Anda yang lebih suka melakukan fitness dengan beban daripada lari dan kardio. iFitness memiliki database yang terdiri dari lebih dari 300 aktivitas fisik yang berkisar dari angkat beban hingga fitness tanpa alat, dan aktivitas yang Anda lakukan akan dicatat sehingga dapat diamati kemajuannya. Anda juga dapat melihat bagaimana cara dan posisi yang tepat untuk melakukan aktivitas fitness tertentu di aplikasi ini.

SportyPal

Aplikasi ini tersedia di BlackBerry, iPhone, android dan dapat diunduh secara gratis. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas fisik seperti lari dan sepatu roda, dan SportyPal akan mencatat jarak, kecepatan, kalori yang terbakar dan lain-lain. Jika Anda suka hiking atau mountain biking, SportyPal juga dapat menampilkan rute yang Anda gunakan pada peta topografi 3D.

Setelah melihat berbagai aplikasi di atas, giliran Anda untuk memilih aplikasi mana yang paling cocok untuk kebutuhan aktivitas fisik Anda. Jika disertai dengan komitmen untuk berolahraga teratur dan pola makan sehat, niscaya dalam waktu singkat tubuh akan makin fit dan terhindar dari berbagai penyakit. (DW)

Sumber Gambar:

  • http://www.moremagic.com/products-and-services/smartphone-app/
You might also like
2 Comments
  1. ndop says

    wah ini nih yg membikin badannya mas dwi wahyudi tambah gedhe. Soalnya pernah tahu foto mas dwi pas jaman kurus haha..
    ndop´s last blog post ..Uji Nyali di Lawang Sewu Semarang

    1. Dwi Wahyudi says

      Aduh, ada yang buka kartu nih. Badanku Dulu Tak Begini, Tapi Kok Sekarang Jadi Gini… Bahaya kalau udah ada yang ngomong kayak gitu, mesti diet nih. Hehehehe… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge