4 Tips Aman Berkendara Mobil bagi Wanita

Membeli mobil yang sudah lama diinginkan kini memang bukan hal yang sulit. Apalagi kini ada mobil123.com, Portal mobil nomor 1 di Indonesia ini memang berkomitmen menyediakan pilihan mobil yang beragam dan berkualitas. Namun, sebelum itu, ada berbagai aturan-aturan baik tertulis maupun tidak tertulis dalam berkendara.

Baik pria maupun wanita sama-sama berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengendarai mobil kesayangan. Namun biasanya wanita cenderung lebih mengabaikan aturan berkendara sehingga lebih rentan kecelakaan. Kini tak perlu khawatir. Sebab kaum wanita bisa mempelajari cara berkendara mobil yang baik berikut ini.

Pastikan Suasana Hati Dalam Keadaan Baik

Wanita kerap kali mengalami perubahan mood secara cepat sehingga bisa mengacaukan rutinitas yang hendak dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya wanita tidak mengemudikan mobil kesayangan dalam kondisi perasaan sedih atau marah. Sebab perubahan mood tentu bisa mempengaruhi cara mengemudikan mobil menjadi kurang berhati-hati atau ugal-ugalan.

Mengenakan Alas Kaki yang Nyaman

Alas kaki yang nyaman adalah perlengkapan wajib ketika mengemudi. Sebab penggunaan alas kaki akan mempengaruhi cara menginjak rem, gas, dan kopling mobil. Mengenakan alas kaki dengan hak tinggi bisa menyulitkan jangkauan kaki ketika menyentuh pedal-pedal tersebut. Supaya lebih aman, gunakan alas kaki yang bentuknya datar, lentur, dan tidak licin.

Tips Aman Berkendara Mobil bagi Wanita
Tips Aman Berkendara Mobil bagi Wanita (Sumber: Google.Com)

Jangan Berdandan Sembari Mengemudikan Mobil

Kebiasaan yang satu ini sulit dilepaskan dari kaum wanita. Saat sedang terburu-buru, wanita yang tak sempat berdandan di rumah akan memanfaatkan waktu berkendara untuk berdandan. Hal ini tampak sepele namun sangat berbahaya karena dapat membuat konsentrasi mengemudi jadi berkurang. Sebaiknya wanita berdandan di rumah atau setelah sampai di tempat tujuan.

Usahakan untuk Tidak Menggunakan Ponsel Sembari Mengemudi

Penggunaan ponsel yang dilakukan sembari mengemudi juga berisiko menurunkan tingkat konsentrasi. Usahakan agar tidak mengakses ponsel ketika berkendara. Baik menelepon, menerima panggilan telepon, atau membaca layar ponsel, semuanya bisa memperbesar risiko kecelakaan saat berkendara.

Jika keempat cara berkendara tersebut dipahami dan dilaksanakan oleh kaum wanita, aktivitas berkendara akan selalu aman dan nyaman. Karena di zaman modern ini, kaum wanita juga berkesempatan menjadi pribadi yang mandiri dan independen. (BP)

Sumber Referensi:

  • http://otomotif.kompas.com/read/2015/10/15/190100115/Supaya.Wanita.Lebih.Aman.Mengemudikan.Mobil
  • http://academia.edu/13115610/ETIKA_DALAM_BERKENDARA
  • http://docs.google.com/document/d/1G2El20V1DCHO98Ab0RPL51XV5zNzMe-oH-vPFXUlU_I/edit?hl=en
  • http://sidomi.com/374397/tips-mengendarai-mobil-dan-motor-bagi-wanita/

You might also like More from author

Comments

Proses...