3 Langkah Mudah Membuat Blog Ramai Pengunjung

“Bang, gimana sih caranya agar blog kita ramai dikunjungi orang?” atau “Bang, gimana ya caranya biar blog kita bisa menghasilkan uang?”, kedua pertanyaan ini sering saya dengar ketika beberapa kali mengisi seminar dan workshop mengenai ngeblog di Pontianak, Kalimantan Barat. Begitu mendengar pertanyaan tersebut Blogger Borneo pun terdiam untuk beberapa saat. Kalau dilihat dari pengalaman ngeblog selama ini, Blogger Borneo tidak terlalu fokus dengan dua pertanyaan tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa salah dua (bukan salah satu) faktor yang membuat seorang blogger semakin termotivasi adalah karena blognya ramai dikunjungi orang dan bisa menghasilkan uang. Akan tetapi, kedua hal tersebut tidak harus menjadi “ambisi” untuk dikejar karena semuanya tetap akan kembali ke proses perjalanannya. Sudah menjadi hukum alam bahwa sebuah kesuksesan tidak akan bisa diraih dengan cara instan. Dan biasanya keberhasilan yang diperoleh dengan cara instan akan mengalami kejatuhan secara instan juga. Ini yang biasanya membuat para oknum blogger lemah semangat sehingga malas untuk mengelola kembali blognya adalah karena sepi pengunjung dan tidak bisa menghasilkan uang. Ya kembali lagi ke tujuan awal, ngeblog buat semata-mata mencari uang atau juga karena ingin berbagi pengalaman dan manfaat.

Blogging Success Story

Pada setiap kesempatan, Blogger Borneo tetap akan memberikan 3 langkah mudah agar bagaimana blog kita bisa ramai dikunjungi para pembaca. Alhamdulillah selama ini Blogger Borneo selalu menerapkan 3 langkah mudah ini dalam aktivitas ngeblognya. Makanya jika dilihat untuk saat ini jumlah pengunjungnya sudah lumayan cukup lama bukan? Oke, sekarang akan dijelaskan apa saja 3 langkah mudah tersebut. 🙂

LANGKAH PERTAMA : SELALU UPDATE TULISAN

MInimal Blogger Borneo melakukan update tulisan adalah seminggu sekali, itupun kalau sudah benar-benar malas menulis. Bagaimanapun juga namanya rasa bosan dan jenuh itu pasti ada, kalau kondisinya seperti itu jangan dipaksa karena hasil tulisannya pasti tidak akan bagus dan terkesan amburadul. Carilah waktu senggang untuk menghibur diri sambil refreshing untuk menghilangkan semua kepenatan itu. Begitu mood menulisnya sudah kembali, itu saatnya Blogger Borneo beraksi. Dalam 1-2 hari bisa menghasilkan beberapa tulisan sekaligus. Tinggal diatur waktu publishnya mundur sehingga akan terkesan update. Padahal, semua tulisan tersebut dibuat dalam satu waktu. Hehehehehe…

LANGKAH KEDUA : BUATLAH TULISAN BERMANFAAT

Yang dimaksud dengan tulisan bermanfaat adalah ketika isinya mengenai sebuah informasi yang dibutuhkan orang banyak. Beberapa contoh diantaranya, yaitu: Info Penerimaan PNS, Info Penerimaan Mahasiswa Baru, Cara Memperoleh Beasiswa, Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Tips Lulus Tes CPNS, dan lain sebagainya. Selain membuat tulisan mengenai hasil liputan kegiatan, curhatan hati yang paling dalam, atau kritikan terhadap pihak lain, Blogger Borneo juga sesekali membuat tulisan yang bersifat informasi. Dan jika dilihat dari daftar tulisan terpopuler, biasanya tulisan-tulisan seperti ini yang selalu masuk dalam barisan 10 besar pengunjung terbanyak.

LANGKAH KETIGA : BAGIKAN TULISAN KE JARINGAN ONLINE YANG DIMILIKI

Setelah tulisan selesai dibuat, Blogger Borneo akan langsung menyebarkan tulisan tersebut ke semua jaringan yang dimiliki. Jaringan ini bisa berupa social media, forum online, grup online, social bookmarking, dan lain-lain. Diharapkan dengan cara ini maka kawan-kawan kita di dunia maya akan tahu bahwa kita baru saja mengupdate tulisan di blog. Apalagi jika judulnya cukup menarik dan bisa menimbulkan rasa penasaran bagi mereka, dapat dijamin dalam waktu singkat trafik kunjungan ke blog kawan-kawan akan meningkat secara drastis.

Nah, setelah dicermati ternyata untuk membuat blog kita ramai dikunjungi para pembaca cukup mudah bukan? Masing-masing blogger tentunya memiliki segmen pembaca masing-masing, tinggal bagaimana nanti mengoptimalkan konten tulisannya sesuai segmen pembacanya. Sekarang bagaimana komentar kawan-kawan setelah membaca tulisan ini? Apakah manggut-manggut tanda mengerti atau masih bengong dan belum paham maksudnya seperti apa? Jika masih bengong, langsung aja tuliskan pertanyaannya di kolom komentar di bawah ini ya. Insya Allah Blogger Borneo akan menjawabnya. Sekian dulu sharing kali ini, tetap semangat. Salam Blogger… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...