10 Cara Menjadi Kaya Tanpa Harus Menjadi Gila

Pertimbangkan kembali untuk berhenti dari kantor anda ketika anda telah memiliki bisnis sampingan. Karena memang ketika bisnis sampingan ditekuni, hasilnya juga akan lebih baik.

Menjadi Kaya dengan Cara Gila, sepertinya kalimat ini cukup sering Blogger Borneo dengar ketika seorang motivator entrepreneur dengan sangat bersemangatnya sedang memberikan seminar atau workshop di hadapan para peserta yang mungkin pada saat itu ingin juga bisa menjadi gila karena kaya, eh salah maksudnya menjadi kaya dan gila, eh salah lagi menjadi kaya dengan cara gila maksudnya. 😀

Entah kenapa secara pribadi Blogger Borneo agak kurang sreg dengan bahasa tersebut karena ekspektasinya terlalu berlebihan. Ya memang sesuatu yang terdengar boombastis akan sangat bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri ketika itu di-sounding-kan ke orang banyak. Tentu saja Blogger Borneo harus merasa maklum dengan kondisi ini karena tujuan akhirnya disini adalah jualan alias marketing.

10 CARA MENJADI KAYA TANPA HARUS MENJADI GILA

Nah, karena Blogger Borneo bukanlah seorang motivator yang suka menjual kata-kata “gila” demi sebuah popularitas ataupun ketenaran maka berikut akan dijelaskan sedikit tips yang mungkin sedikit bermanfaat juga bagi kawan-kawan khususnya mengenai 10 cara menjadi kaya tanpa harus menjadi gila.

Cara Menjadi Kaya Tanpa Harus Menjadi Gila
Jadi Kaya Tanpa Harus Jadi Gila

Cara 1 : Rajin Menabung

Buatlah dua rekening yang berbeda, satu untuk transaksi sehari-hari dan satu lagi untuk menabung dan tanpa dibuatkan ATM. Ketika anda mendapat gaji, transfer setidaknya 10% ke rekening tanpa ATM tersebut. Saat ini banyak bank yang menawarkan tabungan dengan sistem semacam ini namun secara otomatis.

Cara 2 : Melakukan Investasi Reksadana

Banyak macam reksadana, mulai yang beresiko rendah hingga tinggi. Contoh resiko rendah yakni reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Untuk pemula, cobalah untuk investasi di reksadana pasar uang dan pendapatan tetap. Namun jika anda sanggup menerima fluktuasi tinggi, maka coba reksadana campuran atau reksadana saham

Cara 3 : Menjalankan Bisnis Sampingan

Bukalah bisnis sampingan sesuai hobi atau kemampuan anda. Jangan lupa untuk investasikan hasil dari bisnis sampingan anda. Rumah juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis sampingan, misalnya menjual barang kebutuhan sehari-hari atau jika pandai memasak bisa menjual makanan. Dalam bisnis sampingan ini, istri juga bisa diberbayakan untuk membantu.

Cara 4 : Berhenti dari Kantor Ketika Bisnis Sampingan Telah Stabil

Pertimbangkan kembali untuk berhenti dari kantor anda ketika anda telah memiliki bisnis sampingan. Karena memang ketika bisnis sampingan ditekuni, hasilnya juga akan lebih baik.

Cara 5 : Melakukan Penghematan Pengeluaran yang Tidak Penting

Hasil penghematan tersebut dapat diinvestasikan kembali. Caranya buat daftar pengeluaran dan pilih mana yang dapat dihemat. Jika menggunakan kartu kredit, maka dapat dilakukan langsung melalui kartu kredit tersebut (sangat tidak direkomendasikan).

Cara 6 : Berhenti Merokok

Jika per hari merokok 1 bungkus dan kemudian berhenti, itu artinya anda investasi 10.000 per bungkus dikali 30 hari = Rp 300,000 per bulan. Selain itu, berhenti merokok akan menghemat biaya kesehatan anda juga.

Cara 7 : Downgrade Rumah atau Kendaraan

Misalnya jual rumah besar anda, beli yang lebih kecil atau mengontrak saja. Namun perlu pertimbangan terlebih dahulu. Banyak hal yang perlu diperhatikan, misalnya tingkat kenaikan harga rumah, harga sewa rumah dan tingkat return hasil investasinya. Investasi jangka panjang di saham bisa menghasilkan setidaknya 15% pertahun.

Cara 8 : Kerja Keras dan Kerja Efektif

Jika kita bekerja dengan keras dan efektif, maka bos tidak akan ragu untuk menaikkan gaji. Untuk itu, perlu melakukan investasi terhadap ilmu, karena ilmu akan menghasilkan lebih banyak lagi, baik secara materil maupun imateril.

Cara 9 : Jual Peralatan yang Tidak Dipakai dan Investasikan

Contohnya, baju yang sudah tidak muat lagi. Sekarang ini sudah banyak website dimana kita bisa mengiklankan barang-barang bekas kita, bahkan ada satu iklan di TV yang mempromosikan websitenya sebagai tempat menjual barang-barang kita yang tidak terpakai.

Cara 10 : Investasi pada Saham

Agar dapat sukses berinvestasi di saham, kita perlu mempelajari bisnis perusahannya dan mengetahui keuangan dan profitabilitas perusahaan tersebut. Kuncinya adalah membeli saham yang profitnya bagus, bertumbuh, hutangnya cukup aman dan harganya murah dibandingkan dengan nilai perusahaannya.

Sekarang setelah mengetahui 10 cara menjadi kaya tanpa harus jadi gila, apa yang ada dipikiran kawan-kawan? Sebenarnya kunci untuk menjadi lebih kaya adalah dengan menambah pengasilan, mengurangi pengeluaran, dan jangan lupa untuk menginvestasikan kelebihan uang yang dimiliki. Semoga bisa memberikan pencerahan. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...